cyber crime
Source Images : www.hrin.org

Jangan Menjadi Korban Cyber Crime

Ketika Anda mengakses Internet melalui world wide web, sangat penting bagi Anda untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda.

Ada ribuan orang di seluruh dunia yang mencari nafkah dengan memanfaatkan celah keamanan dengan mengakses identitas pribadi, kata sandi, dan rekening bank Anda.

Semakin banyak setiap hari yang menjadi korban kejahatan ini. Anda memiliki tanggung jawab sebagai pengguna Internet untuk mengambil tindakan pencegahan tertentu untuk melindungi diri Anda dari kejahatan online.

Pengguna internet yang mengakses rekening bank, rekening mata uang elektronik, atau sumber informasi pribadi apa pun secara online, harus mengetahui metode berikut yang digunakan oleh penjahat untuk meyakinkan Anda agar mengungkapkan informasi rahasia Anda.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membantu menjaga keamanan informasi Anda

  1. Hindari menjadi korban permintaan email palsu untuk informasi pribadi

Metode ini disebut “Phishing” dan merupakan cara populer bagi penjahat yang bertindak sebagai bisnis yang sah untuk mencuri informasi pribadi Anda. Ini biasanya dilakukan dengan mengirimi Anda email dengan hyperlink ke situs web palsu yang dibuat agar terlihat seperti yang asli. Setelah Anda memasukkan informasi Anda, pelaku akan memiliki akses ke akun Anda, berkali-kali tidak diketahui oleh Anda.

Salah satu cara untuk menghindari menjadi korban penipuan semacam ini adalah dengan tidak pernah memberikan detail pribadi apa pun sebagai tanggapan atas email. Bisnis yang sah tidak akan pernah meminta kata sandi Anda melalui email. Waspadai email mencurigakan dari orang yang tidak dikenal. Hapus sebelum membuka apa pun yang menurut Anda berbahaya.

  1. Pastikan Anda mengunjungi situs web bank, mata uang elektronik, atau keuangan Anda melalui browser Internet dengan alamat situs web yang benar.
  2. Anda harus berhati-hati untuk tidak pernah mengikuti hyperlink yang mencurigakan, url, atau membuka lampiran pengirim yang tidak dikenal.

Jika Anda secara tidak sengaja membalas email “Phishing” atau menanggapi apa yang Anda anggap sebagai situs web penipuan, segera hubungi lembaga keuangan terkait untuk meminta nasihat. Jangan menunda mencari bantuan. Periksa akun Anda untuk aktivitas yang tidak biasa.

Cara untuk melindungi komputer Anda

  1. Penting untuk hanya menggunakan komputer yang tepercaya dan aman untuk mengakses akun perbankan Internet Anda.
  2. Menggunakan komputer yang digunakan bersama secara publik, seperti yang ada di warnet, sangat tidak disarankan.
  3. Disarankan agar Anda selalu memperbarui komputer dengan perlindungan anti-virus, firewall, dan patch terbaru.
  4. Ingatlah bahwa setelah Anda menginstal proteksi virus, Anda perlu memperbarui perangkat lunak agar proteksi tetap terkini.
  5. Hindari penggunaan fitur “ingat nama pengguna dan kata sandi saya” saat mengakses informasi keuangan yang sensitif.
  6. Pastikan untuk tidak menyimpan kata sandi dan informasi akun di komputer Anda.
  7. Gunakan kata sandi yang berbeda untuk bank Anda daripada yang Anda gunakan untuk alamat email Anda.
  8. Jangan gunakan password yang mudah ditebak, atau password yang berhubungan erat dengan Anda. Tanggal lahir, nama, atau hewan peliharaan favorit Anda membuat kata sandi yang buruk.
  9. Buat kata sandi yang memiliki angka dan huruf.
  10. Jika Anda menggunakan jaringan nirkabel, penting untuk tidak meninggalkan komputer Anda tanpa pengawasan.
  11. Lakukan tindakan pencegahan ekstra di sekitar hotspot nirkabel (Wi-Fi) yang menyediakan koneksi Internet gratis. Kedai kopi, kafe internet, bandara, dan perpustakaan dapat menimbulkan ancaman keamanan yang signifikan. Hindari melakukan bisnis sensitif di hotspot Wi-Fi.

Sniffing dan Evil Twinning adalah dua metode yang digunakan penjahat licik untuk mencuri data rahasia. Mengendus adalah tindakan menggunakan program untuk mencari informasi tertentu seperti kata sandi dan nomor kartu kredit melalui jaringan Wi-Fi. Evil twinning mencerminkan pengaturan hotspot Wi-Fi. Ketika orang yang tidak curiga menggunakan hotspot kembaran jahat, pembajak menggunakan teknologi sniffer untuk mengakses apa pun yang mungkin dikirim oleh korban.

  1. Saat mengakses rekening bank secara online, konfirmasikan bahwa data Anda dienkripsi antara bank dan komputer Anda dengan mencari simbol gembok di sudut kanan bawah jendela browser.
  2. Tutup browser Internet Anda setelah logout di akhir setiap sesi perbankan online.
  3. Waspadai jendela yang ‘muncul’ selama sesi perbankan online.

Sebagian besar lembaga keuangan memiliki informasi terperinci di situs web mereka tentang bagaimana pelanggan mereka dapat melindungi diri mereka sendiri dari upaya penipuan online. Kunjungi situs web mereka atau hubungi mereka melalui email atau telepon untuk informasi tentang bagaimana Anda dapat melindungi diri dari penjahat online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *